Deteksi dini faktor risiko PTM dilakukan di Balai Desa Warukkalong pada tanggal 5 April 2023 dengan sasaran masyarakat baik sehat maupun sakit yang berusia 15 tahun keatas. Kegiatan ini dilakukan oleh petugas Puskesmas dibantu oleh kader Posbindu Desa Warukkalong beserta Babinsa dan Bhabinkamtibmas sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan lancar dan kondusif.

Sebelum kegiatan Posbindu dilakukan senam bersama, kegiatan ini bertujuan untuk menggerakkan masyarakat agar rajin berolahraga dan menarik minat masyarakat untuk datang melakukan pemeriksaan kesehatan.

Dokumentasi Senam Bersama Masyarakat Di Desa Warukkalong

Meja 1 dan 2 merupakan meja pendaftaran dan anamnesa. Anamnesa meliputi wawancara riwayat penyakut tidak menular pada keluarga dan pada diri sendiri, dan wawancara faktor risiko perilaku meliputi: merokok, makan buah sayur, konsumsi gula dan garam berlebih, kurang aktivitas fisik.

Dokumentasi Kegiatan Posbindu Di Meja 1 dan 2

Meja 3 adalah meja pemeriksaan tinggi dan berat badan, lingkar perut dan penghitungan IMT (Indeks Massa Tubuh).

Dokumentasi Kegiatan Posbindu Di Meja 3

Meja 4 merupakan meja untuk pengukuran tekanan darah dan pemeriksaan laborat sederhana. Meja ini terbagi 2 meja. Meja yang pertama untuk pengukuran tekanan darah, dan meja yang kedua disediakan untuk pemeriksaan laborat sederhana, seperti gula darah, kolesterol dan asam urat.

Dokumentasi Kegiatan Posbindu Di Meja 4

Meja 5 adalah meja konseling dan edukasi, petugas memberikan konseling dan edukasi sesuai dengan indikasi hasil pemeriksaan Posbindu.

Dokumentasi Kegiatan Posbindu Di Meja 5

Deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan cara untuk mengetahui adanya faktor risiko PTM pada sasaran. Deteksi dini ini berguna untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena PTM atau memiliki faktor risiko. Dengan diketahuinya faktor risiko PTM secara dini pada seseorang maka pencegahan dan pengendalian dapat dilakukan sedini mungkin. Bagi yang sudah terkena maka penting sekali mengendalikan PTM yang disandangnya agar tidak terjadi komplikasi, kecacatan maupun kematian dini akibat PTM serta untuk meningkatkan kualitas hidup.

Kirim Pesan
Ada yang bisa kami bantu
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.